#catmenucontainer{ height:33px; width:1000px; margin:0 auto; background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFVd5WOYMknNPBjo3uJ3iAtUSpH3zR-C0aJjgLnORqUuqJWN23GqvWagfx1shVrlCVGiRm0rFRRSCfLifHF4ilCS2kCFrvtsrCma1l_-yjWeuFfiDb2RCiHkr2fyptPOIUw0uB0EkVsAup/s1600/2.gif) repeat-x; display:block; padding:0px 0 0px 0px; font-size:12px; font-family:"Segoe UI",Calibri,"Myriad Pro",Myriad,"Trebuchet MS",Helvetica,Arial,sans-serif; font-weight:normal; border-top:1px solid #252424; } #catmenu{ margin: 0px; padding: 0px; width:1000px; background:#252525 url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGQvp9A95K_8S_t2HzEhtuU9WDdbh_TVM369vj66AcFji-SB4gHP4ZHvvuqNbdH-VWipst71T2P_yRKJHdAQ6gcmavRMuJW7C7PnRKtvyFu8tlrm5a3MhvkXxdSPy6PWl2t8oJkU492GiP/) repeat-x; height:33px; } #catmenu ul { float: left; list-style: none; margin: 0px; padding: 0px; } #catmenu li { float: left; list-style: none; margin: 0px; padding: 0px; } #catmenu li a, #catmenu li a:link, #catmenu li a:visited { color: #fae7df; display: block; margin: 0px; padding: 9px 10px 10px 10px; } #catmenu li a:hover, #catmenu li a:active { background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiApcGX92j3H5xm8j9h1AeEPwtxMBoiOS8DBSa9eYWYeGc0xGbJAxdMOPBJR-a0gk3sQGy1XdyfknGqwl4ebq_hJFvkIkvPpTl-Qnx7mfkltx42mcEVbZx1SlsO5PaGbx7msBwpfgLn8j9Q/) repeat-x; color: #fff; margin: 0px; padding: 9px 10px 10px 10px; text-decoration: none; } #catmenu li li a, #catmenu li li a:link, #catmenu li li a:visited { background:#ED4A05; width: 150px; color: #fae7df; font-family:Tahoma,century gothic,Georgia, sans-serif; font-weight: normal; float: none; margin: 0px; padding: 9px 10px 10px 10px; border-bottom: 1px solid #FF7800; } #catmenu li li a:hover, #catmenu li li a:active { background:url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiApcGX92j3H5xm8j9h1AeEPwtxMBoiOS8DBSa9eYWYeGc0xGbJAxdMOPBJR-a0gk3sQGy1XdyfknGqwl4ebq_hJFvkIkvPpTl-Qnx7mfkltx42mcEVbZx1SlsO5PaGbx7msBwpfgLn8j9Q/) repeat-x; color: #fff; padding: 9px 10px 10px 10px; } #catmenu li ul { z-index: 9999; position: absolute; left: -999em; height: auto; width: 170px; margin: 0px; padding: 0px; } #catmenu li li { } #catmenu li ul a { width: 140px; } #catmenu li ul a:hover, #catmenu li ul a:active { } #catmenu li ul ul { margin: -34px 0 0 170px; } #catmenu li:hover ul ul, #catmenu li:hover ul ul ul, #catmenu li.sfhover ul ul, #catmenu li.sfhover ul ul ul { left: -999em; } #catmenu li:hover ul, #catmenu li li:hover ul, #catmenu li li li:hover ul, #catmenu li.sfhover ul, #catmenu li li.sfhover ul, #catmenu li li li.sfhover ul { left: auto; } #catmenu li:hover, #catmenu li.sfhover { position: static; } ]]>

Jumat, 09 Maret 2012

ulumul hadits

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM


Hadits menurut bahasa artinya baru. Hadits juga –secara bahasa- berarti “sesuatu yang dibicarakan dan dinukil”, juga “sesuatu yang sedikit dan banyak”. Bentuk jamaknya adalah ahadits. Adapun firman Allah Ta’ala,

Hadits menurut istilah ahli hadits adalah: Apa yang disandarkan kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, baik berupa ucapan, perbuatan, penetapan, sifat, atau sirah beliau, baik sebelum kenabian atau sesudahnya.

Sedangkan menurut ahli ushul fikih, hadits adalah perkataan, perbuatan, dan penetapan, yang disandarkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam setelah kenabian. Adapun sebelum kenabian tidak dianggap sebagai hadits, karena yang dimaksud dengan hadits adalah mengerjakan apa yang menjadi konsekuensinya. Dan ini tidak dapat dilakukan kecuali dengan apa yang terjadi setelah kenabian[2]

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Buku-buku yang di dalamnya berisi tentang khabar Rasulullah, antara lain adalah Tafsir, Sirah, dan Maghazi (peperangan Nabi-Edt), dan Hadits. Buku-buku Hadits adalah lebih khusus berisi tentang hal-hal sesudah kenabian, meskipun berita tersebut terjadi sebelum kenabian. Namun itu tidak disebutkan untuk dijadikan landasan amal dan syariat. Bahkan ijma’ kaum muslimin menetapkan bahwa yang diwajibkan kepada hamba Allah untuk diimani dan diamalkan adalah apa yang dibawa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam setelah kenabian[3]

Contoh perkataan Nabi adalah sabda beliau,

“Perbuatan itu dengan niat, dan setiap orang tergantung pada niatnya”[4]

Sabda beliau juga, “(Laut itu) suci airnya dan halal bangkainya.”[5]

Contoh perbuatan Nabi adalah cara wudhu, sholat, manasik haji, dan lain sebagainya yang beliau kerjakan.

Contoh penetapan (taqrir) Nabi adalah sikap diam beliau dan tidak mengingkari terhadap suatu perbuatan, atau persetujuan beliau terhadapnya. Misalnya: Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiyallahu Anhu, dia berkata, “Ada dua orang yang sedang musafir ketika datang waktu shalat tidak mendapatkan air, sehingga keduanya bertayammum dengan debu yang bersih lalu mendirikan shalat. Kemudian keduanya mendapati air, yang satu mengulang wudhu dan shalat sedangkan yang lainnya tidak mengulang. Keduanya lalu menghadap kepada Rasulullah dan menceritakan semua hal tersebut. Terhadap orang yang tidak mengulang beliau bersabda, “Engkau sudah benar sesuai sunnah, dan sudah cukup dengan shalatmu”.

Dan kepada orang yang mengulangi wudhu dan shalatnya, beliau bersabda, “Bagimu pahala dua kali lipat.”[6]

Dari Muadz bin Jabal bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika mengutusnya ke negeri Yaman, “Apa yang kamu jadikan sebagai pedoman dalam menghukumi suatu masalah?”

Ia menjawab, “Dengan Kitabullah.”

Rasulullah bertanya, “Jika tidak kamu dapatkan dalam Kitabullah?”

Dia menjawab,”Dengan sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam.”

Beliau bertanya lagi, “Jika tidak kamu dapatkan dalam sunnah Rasulullah maupun dalam Kitabullah?”

Dia menjawab,”Aku akan berijtihad dengan pikiranku.” Kemudian Rasulullah menepuk dadanya dan bersabda, “Maha suci Allah yang telah memberi petunjuk kepada utusan Rasul-Nya terhadap apa yang diridhai oleh Rasulullah”[7]

Diriwayatkan, bahwasanya Khalid bin Al –Walid Radhiyallahu Anhu pernah memakan dhabb (hewan bangsa kadal namun agak besar-Edt) yang dihidangkan kepada Nabi Shalallahu Alaihi wa Sallam, sedangkan beliau tidak memakannya. Sebagian sahabat bertanya, “Apakah diharamkan memakannya, wahai Rasulullah?” beliau menjawab, “Tidak, hanya karena binatang tersebut tidak ada di daerah kaumku sehingga aku merasa tidak berminat”[8]

Contoh dari sifat dan Sirah Nabi, banyak sekali riwayat menerangkan tentang sifat dan tabiat beiau. Dan At Tirmidzi menyusun sebuah buku tentang tabiat (syama’il) beliau[9]

Di antara contohnya adalah:

Dari Abi Ishaq, dia berkata, “Seorang lelaki bertanya kepada Al Bara’, ‘Apakah wajah Rasulullah seprti pedang?” Dia menjawab, ‘Tidak, tapi seperti rembulan’.”[10]

Dari Al Bara’ dalam riwayat lain, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak pendek dan tidak tinggi.”[11]

Dari Jarir bin Abdullah Al Bajali, dia berkata, “Belum pernah aku melihat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam sejak aku masuk Islam kecuali beliau tersenyum kepadaku. “[12]

DEFINISI ULUMUL HADIS

يَتَوَصَّلُ بِهَا إِلَى مَعْرِفَةِ الرَّاوِي وَالْمَرْوِي
Ilmu Hadits adalah pengetahuan mengenai kaidah-kaidah yang menghantar-kan kepada pengetahuan tentang rawi (periwayat) dan marwi (materi yang diriwayatkan)
Ada pendapat lain yang menyatakan
هُوَ عِلْمٌ بِقَوَانِيْنَ يُعْرَفُ بِهَا أَحْوَالُ السَّنَدِ وَالْمَتْنِ
Ilmu Hadits adalah ilmu tentang kaidah-kaidah untuk mengetahui kondisi sanad dan matan
Penjelasan Definisi

Sanad adalah rangkaian rijal yang menghantarkan kepada matan
Matan adalah perkataan yang terletak di penghujung sanad.
Contoh-contoh

Al-Bukhari meriwayatkan hadits berikut, di dalam kitabnya yang ber-nama ash-Shahih, Bab Kayfa kana bad’ al-wahyi ila Rasulillah saw, jilid. 1, hal. 5
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه عَنْهم عَلَى الْمِنْبَرِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَ إِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Telah menceritakan kepada kami al-Humaidi, Abdullah bin az-Zubair, ia berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan, ia berkata; Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id al-Anshari, ia berkata; Telah memberitahukan kepadaku Muhammad bin Ibrahim at-Taimi bahwasannya ia mendengar ‘Alqamah bin Waqqash al-Laitsi berkata; Aku mendengar Umar bin Khaththab ra berkata di atas mimbar; Rasulullah saw bersabda; Sesungguhnya semua perbuatan itu disertai dengan niat, dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya (diniatkan) kepada dunia yang akan diperolehnya, atau perempuan yang akan dinikahinya, maka hijrahnya (dibalas) kepada apa yang ia niatkan
Yang dinamakan Sanad pada hadits di atas adalah
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْر،ِ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه عَنْهم عَلَى الْمِنْبَرِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
Sedangkan matan pada hadits di atas adalah;
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Tujuan mempelajari ilmu hadits adalah untuk membedakan antara hadits sahih dan dla’if.

Referensi:
-An-Nukat ‘ala Ibni ash-Sholah, Ibnu Hajar, jilid.1
-Tadrib ar-Rawi, as-Suyuthy, jilid.1

[1] Lisanul Arab, Ibnu Manzur

[2] Ushulul Hadits, Muhammad ‘Ajjaj Al Khatib, hal 27

[3] Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyahh: 18/ 10-11

[4] HR Bukhari dan Muslim

[5] HR Ahmad dan Ibnu Majah

[6] Hr Abu Dawud dan An Nasa’i

[7] HR Abu Dawud

[8] HR Bukhari dan Muslim

[9] At Tasyri’ wa Al Fiqh Al Islam Tarikhan wa Manhajan, Manna Al Qaththan, hal 87-88

[10] HR At Tirmidzi, dia berkata, “Hadits hasan shahih.”

[11] HR At Tirmidzi, dia berkata, “Hadits hasan shahih.”

[12] HR At Tirmidzi, dia berkata, “Hadits hasan shahih.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar